Kebanyakan Makan Nasi Itu Ternyata Berbahaya

24 views

Kebanyakan Makan Nasi Itu Ternyata Berbahaya

Kali ini Admin novalrohman.net akan memberikan sedikit informasi mengenai bahaya makan nasi terlalu banyak. Lah kok bahaya? Kita kan setiap hari makan nasi, terus gimana dong? Tenang dulu mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Kebanyakan Makan Nasi Itu Ternyata Berbahaya
Dalam kehidupan sehari-hari kita tentunya kita tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya nasi. Nasi sendiri terutama di Indonesia merupakan salah satu makanan wajib yang merupakan sumber karbohidrat yang harus ada setiap hari, walaupun sebagian daerah ada juga yang menggunakan gandum, sagu ataupun kentang sebagai asupan karbohidrat utama mereka.
Namun tahukah Anda jika terlalu banyak mengkonsumsi nasi itu bisa membahayakan tubuh? Tentunya hal ini merupakan teguran keras terutama bagi Anda yang terbiasa makan nasi 3x sehari atau bahkan lebih hehehe. Nasi putih mengandung karbonhidrat tertinggi di antara makanan pokok lainya seperti sagu, roti, kentang dan sebagainya. Karbohidrat inilah yang akan memicu pelepasan hormon insulin. Ketika terjadi peningkatan hormon insulin, makan tubuh akan menurunkan konsentrasi dan juga fungsi LPL di dalam otot. Kerugian tubuh dalam hal ini adalah otot tidak bisa membakar lemak secara efisien, sedangkan lemak yang tidak digunakan oleh tubuh akan kembali disimpan di dalam sel lemak, dan hal inilah yang akan sangat membahayakan tubuh. Hormon insulin sendiri adalah hormon yang bertugas untuk mengatur serta mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, hormon insulin juga memiliki peran untuk mengembangkan sel-sel dalam tubuh, termasuk diantaranya sel lemak dan sel otot.Kemudian ketika kita benar benar tak bisa lagi ke lain makanan pokok, mengkonsumsi nasi, kita sebenarnya boleh saja, tapi kita perlu mengeluarkan energi yang banyak dari tubuh kita atau beraktivitas yang lebih berat lagi untuk menyeimbangkan gula yang termasuk paling tinggi kandungannya yang terdapat di dalam nasi putih tersebut.
Nasi seharusnya banyak dikonsumsi oleh para pekerja kasar seperti petani,kuli bangunan atau pekerja lainnya yang terbiasa mengandalkan tenaga besar karena glukosa atau gula yang dihasilkan oleh tubuh bisa menjadikan sumber tenaga yang tentunya akan bermanfaat untuk menunjang pekerjaan mereka. Namun jika untuk mereka yang terbiasa melakukan pekerjaan yang tidak menuntut mereka untuk selalu bergerak maka resikonyan ialah akan terjadi penimbunan gula yang bisa menyebabkan gula dalam darah yang menyebabkan penyakit menyeramkan yakni diabetes mellitus. Nasi tidak baik di konsumsi oleh pegawai kantoran yang pekerjaannya hanya duduk seharian di dalam ruangan. Tentunya kita pernah atau bahkan sering merasakan ngantuk dalam waktu kurang lebih 5 menit setelah makan nasi, itu dikarenakan gula yang terdapat di dalam kandungan nasi yang kita makan mulai bereaksi dan sudah mempengaruhi darah kita, di dalam tubuh yang menimbulkan rasa ngantuk. Kemudian bahaya lain dari nasi adalah, ketika nasi dikonsumsi oleh orang yang sudah cukup umur dan kurang bergerak maka akan menjadi gemuk. Mengapa demikian? Karena nasi yang kita makan, sulit di bersihkan dari dalam usus, yang seharusnya usus kita mengeluarkan sampah dan di buang dengan mudah melalui saluran pembuangan, tapi sisa-sisa nasi sulit bersih dan malah menempel di usus dan menjadi zat yang menggemukan atau zat yang tidak di inginkan lainnya.
Di kutip dari website deherba.com Makanan yang kaya glukosa juga merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung yang biasanya terjadi tak hanya kepada mereka yang menderita diabetes namun juga kepada masyarakat umum. Adanya penurunan fungsi endothelium juga menjadi kunci utama yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan juga pembuluh darah. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Alabama Birmingham AS, sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian tentang kelebihan karbohidrat sebagai pemicu penyakit jantung dan tentang keterkaitan antara mengurangi kadar karbohidrat dalam tubuh dengan rasa kenyang seusai makan, sebanyak 55% warga Amerika mendapatkan pasokan kadar kalori hariannya dari gula, serat, dan juga tepung.

Kebanyakan Makan Nasi Itu Ternyata Berbahaya
Lalu bagaimana supaya mengkonsumsi nasi tidak membahayakan tubuh? Konsumsilah nasi ataupun sumber karbohidrat yang lainnya secara secukupnya saja. Untuk menggantinya, konsumsilah buah-buahan, sayuran, dan makanan yang kaya serat bisa menjadi alternatif yang juga mengenyangkan namun juga menyehatkan.
Nah sekian informasi yang bisa kami berikan mengenai bahaya makan nasi terlalu banyak, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda sehingga Anda bisa mencegah tubuh Anda dari berbagai macam penyakit yang bisa merugikan tubuh Anda.
Sumber : Kompasiana.com
                Deherba.com

Baca Juga Artikel Kami Lainnya :

Kebanyakan Makan Nasi Itu Ternyata Berbahaya

Masukan Komentar Di Bawah Ini !

Tags: #alasan mengapa makan nasi terlalu banyak bisa berbahaya #bahaya makan nasi terlalu banyak #bahaya makan nasi untuk pekerja kantoran #Kebanyakan Makan Nasi Itu Ternyata Berbahaya #mengapa makan nasi terlalu banyak bisa berbahaya?

Komentar ditutup.

Penulis: 
    author
    Saya adalah salah satu distributor obat herbal terbesar yang menjual berbagai macam produk herbal yang berkualitas serta telah memenuhi standarisasi bertingkat nasional dan bahkan 1 diantaranya telah berstandar Internasional. Anda tidak perlu ragu dengan kualitas obat herbal yang kami jual. Info lebih lengkap hubungi kami 085797888546 Pin BB 26FE8C5B
    No related post!